Integrasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Aktualisasi Diri Siswa: Studi Kasus di MTs Jihadul Ummah NW Waker

Authors

  • Nina Amalia Universitas islam Negeri Mataram, Indonesia

Keywords:

Tahfidz Qur'an, pengembangan diri, integrasi program

Abstract

Pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk manusia yang seimbang antara potensi jasmani dan ruhani melalui proses pengembangan nilai-nilai spiritual, intelektual, dan moral. Salah satu bentuk pendidikan tersebut adalah program Tahfidz Al-Qur’an, yang tidak hanya berorientasi pada peningkatan kemampuan menghafal, tetapi juga berperan dalam pengembangan kepribadian dan potensi diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an sebagai sarana pengembangan aktualisasi diri (self-actualization) siswa di MTs Jihadul Ummah NW Waker. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an berkontribusi signifikan terhadap pengembangan aktualisasi diri siswa dengan capaian rata-rata 93%. Kegiatan ini menumbuhkan kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian, kepercayaan diri, serta kesadaran spiritual siswa. Dengan demikian, program Tahfidz Al-Qur’an terbukti tidak hanya memperkuat aspek religius, tetapi juga menjadi media strategis dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi diri peserta didik secara utuh.

Downloads

Published

2025-11-08