Manajemen Sumber Pendukung Implementasi Kurikulum di Sekolah
Abstract
Implementasi kurikulum yang efektif tidak hanya ditentukan oleh desain dokumen kurikulum itu sendiri, melainkan bergantung pada sistem pendukung yang menopangnya. Artikel ini membahas manajemen sumber pendukung implementasi kurikulum di sekolah dengan pendekatan saintifik menggunakan analogi proses pembangunan sekolah. Melalui studi literatur dan data empiris, ditemukan bahwa kurangnya pelatihan guru, fasilitas terbatas, dan lemahnya supervisi merupakan hambatan utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik studi dokumen dan observasi pustaka dari 15 publikasi primer. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen sumber pendukung yang mencakup SDM, sarana, kebijakan, dan kolaborasi eksternal secara signifikan memengaruhi keberhasilan pelaksanaan kurikulum. Kontribusi artikel ini terletak pada model analisis manajemen pendukung yang aplikatif dan kontekstual untuk sekolah menengah.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.