Manajemen Sumber Pendukung Implementasi Kurikulum di Sekolah

Authors

  • abdurrahman yuni Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Mataram,
  • syukri Universitas Islam Negeri Mataram

Abstract

Implementasi kurikulum yang efektif tidak hanya ditentukan oleh desain dokumen kurikulum itu sendiri, melainkan bergantung pada sistem pendukung yang menopangnya. Artikel ini membahas manajemen sumber pendukung implementasi kurikulum di sekolah dengan pendekatan saintifik menggunakan analogi proses pembangunan sekolah. Melalui studi literatur dan data empiris, ditemukan bahwa kurangnya pelatihan guru, fasilitas terbatas, dan lemahnya supervisi merupakan hambatan utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik studi dokumen dan observasi pustaka dari 15 publikasi primer. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen sumber pendukung yang mencakup SDM, sarana, kebijakan, dan kolaborasi eksternal secara signifikan memengaruhi keberhasilan pelaksanaan kurikulum. Kontribusi artikel ini terletak pada model analisis manajemen pendukung yang aplikatif dan kontekstual untuk sekolah menengah.

Downloads

Published

2025-06-12